You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Terbakar di Halte UI Salemba, Bus Transjakarta Milik LORENA Dikandangkan
.
photo doc - Beritajakarta.id

Bus Transjakarta Terbakar di Halte UI Tak Punya APAR

Peristiwa terbakarnya bus Transjakarta di halte UI Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (3/7) pagi membuat Direktur PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Antonius NS Kosasih marah.

Kami akan denda dua kali karena ada dua kejadian tersebut

Armada bus Transjakarta gandeng milik operator Lorena bernomor bodi LRN-045 dan bermerek Komodo itu awalnya mulai terbakar di kompartemen mesin yang akhirnya terus menjalar ke bodi bagian belakang bus tersebut.

"Kita benar-benar marah kepala Lorena karena kejadian ini. Ada dua hal yang saya tegur keras ke Direksi Lorena," kata Kosasih, Jumat (3/7).

Transjakarta Terbakar, Seluruh Penumpang Selamat

Dua hal tersebut, kata Kosasih, operator Lorena tidak mampu menjaga kualitas‎ bus yang mereka operasikan. Bus merek Komodo yang digunakan itu baru selesai direkondisi dan dioperasikan beberapa hari ini namun sudah terbakar.

"Apakah busnya atau pelaksanaan rekondisi di kareoserinya yang ber-masalah? Terus mengapa apinya menjalar cepat sekali? Ini artinya mereka tidak memakai bahan tahan api saat rekondisi. Quality Control mereka bagaimana," kata Kosasih.

‎Kosasih melanjutkan hal kedua yang menjadi teguran kepada Lorena tidak adanya Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di dalam armada bus tersebut. Hal ini dianggap melanggar ketentuan kontrak sehingga pihaknya akan menjatuhkan denda dua kali kepada operator itu. "Kami akan denda dua kali karena ada dua kejadian tersebut," ujarnya.

Ia menegaskan insiden terbakar bus ini tidak bisa diterima dan harus dijatuhkan sanksi dan tindakan keras. Di mana, seluruh bus milik operator Lorena yang beroperasi akan dikandangkan dan diperiksa personel teknis PT Transjakarta.

"Kami bersyukur tidak ada korban dalam insiden ini karena semua personel kami sudah terlatih untuk mengevakuasi penumpang. Tapi hal ini sama sekali tidak dapat diterima," ucapnya.

Selain itu, Kosasih juga mengaku akan meminta operator Lorena agar memanggil teknisi dari Komodo sehingga bisa sama-sama melakukan audit dan pemeriksaan teknis terhadap 12 bus lainnya yang masih tersisa dan bermerek sama.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1048 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye935 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye914 personAldi Geri Lumban Tobing